Hasil Seleksi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru STITEK Balik Diwa Gelombang 1 2018/2019

SIDANG TERBUKA LUAR BIASA DALAM RANGKA WISUDA SARJANA STITEK BALIK DIWA MAKASSAR 16 NOVEMBER 2019 DI HOTEL THE RINRA

STITEK Balik Diwa Makassar kembali menyelenggarakan Wisuda Sarjana di Hotel Rinra Makassar pada tanggal 16 November 2019. Sebanyak 140 lulusan program sarjana perikanan dan sarjana kelautan, dengan sebaran 60 orang dari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP), 16 orang dari Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP), 48 orang dari Program Studi Budidaya Perairan (BDP), dan 16 orang dari Program Studi Ilmu Kelautan (IK).

Ketua STITEK Balik Diwa, Prof. Dr. H. Muh. Akmal Ibrahim, M.Si., dalam laporannya mengatakan adanya keinginan secara institusi untuk melakukan perubahan bentuk perguruan tinggi dari Sekolah Tinggi menjadi Institut. Beliau juga mengungkapkan rasa syukurnya pada pelaksanaan wisuda kali ini, telah hadir yang mewakili Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala BPPT, Kepala LIPI, Dirjen Kelembagaan IPTEK, Kepala LLDIKTI Wilayah IX, beberapa Pimpinan Perusahaan BUMN dan Pimpinan Perusahaan  Swasta yang diyakini dapat membawa keberkahan untuk kemajuan STITEK pada masa yang akan datang.

Anggota DPR-RI sekaligus Dewan Penyantun STITEK Balik Diwa, Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris, M.Sc., dalam sambutannya mengatakan kepada wisudawan bahwa ekonomi kelautan Indonesia merupakan keunggulan komparatif yang dapat ditransformasi menjadi keunggulan kompetitif dan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

“Jadi, para wisudawan tidak usah berpikir untuk menjadi PNS tetapi jadilah wirausaha dibidang kelautan dan perikanan,” ucap Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris, M.Sc dalam sambutannya.

Kepala L2DIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. dalam sambutannya juga berpesan agar wisudawan dapat melupakan keinginan untuk menjadi PNS, tetapi bagaimana wisudawan dapat melahirkan inovasi yang dapat mempekerjakan orang lain. Beliau juga mengungkapkan dukungannya atas keinginan STITEK Balik Diwa Makassar untuk perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Institut.

“STITEK Balik Diwa ini dari segi persyaratan sudah memenuhi, salah satu yang dipersyaratkan adalah jumlah Dosen dan Program Studi. STITEK Balik Diwa sudah penuhi persyaratan tersebut,” ucap Kepala L2DIKTI Wilayah IX Sulawesi.

Wisuda kali ini juga dihadiri oleh Dirjen Kelembagaan IPTEK, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M. Eng. Sc. dalam sambutannya, beliau mengajak para wisudawan untuk memiliki mimpi yang besar dan konsisten dalam merealisasikan mimpi mereka.

“Walaupun mimpi tersebut mempunyai risiko tinggi, tetapi harus diyakini bahwa sesuatu yang berisiko tinggi, biasanya hasilnya juga pasti optimal,” paparnya

Dihadapan para wisudawan dan pendampingnya, Yayasan Pendidikan Balik Diwa Makassar, Dr. Hj. Andi Aslinda, M.Si. menyampaikan terima kasih kepada para orang tua wisudawan atas kepercayaan yang diberikan selama ini untuk mendidik putra putrinya di STITEK Balik Diwa. Beliau juga berpesan agar para alumni dapat menjaga nama baik dan kehormatan almamaternya di tengah masyarakat.

Sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Rakyat, Ir. Andi. Hasbi, M.T.P. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran bapak Gubernur dikarenakan beliau masih berada di Jakarta dalam rangka kegiatan bersama Presiden RI. Beliau sangat mengapresiasi STITEK Balik Diwa yang konsen terhadap pendidikan perikanan dan kelautan, dimana program studi yang ada dibutuhkan oleh bangsa Indonesia.

Adapun Orasi Ilmiah yang disampaikan pada kesempatan tersebut oleh Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc., selaku Kepala Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) dengan judul “Sumber Daya Manusia Kelautan di Era 4.0”.

STITEK Balik Diwa Makassar dalam wisuda tersebut juga menandatangani MOU dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang ditandatangani langsung oleh Kepala LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. dengan Ketua STITEK Balik Diwa Makassar, Prof. Dr. H. Muh. Akmal Ibrahim, M.Si.

Tukar Menukar cendera mata usai penanda tanganan MOU antara Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK ) Balik Diwa Makassar dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Foto Bersama Berturut-turut Ketua Yayasan Pendidikan Balik Diwa Makasar, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Ketua Dewan Penyantun STITEK Balik Diwa Makassar dan Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar. 

Foto Bersama SENAT Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar

Foto Bersama Wisudawan Terbaik Tingkat Sekolah Tinggi dan Tingkat Prodi STITEK Balik Diwa Makassar bersama orang tua masing-masing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment