STITEK BALIK DIWA MENGABDI DI TANAH JAYA

Pada hari Sabtu, 05 Oktober 2019, STITEK Balik Diwa melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu (PKMT). Program tersebut berlokasi di Kelurahan Tanah Jaya, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba yang berjarak 200 km dengan waktu tempuh sekitar 6 jam dari Kota Makassar. Pelaksana program PKMT merupakan dosen serta mahasiswa.

Kegiatan PKMT mendorong kegiatan pengabdian yang selaras dengan beberapa topik penelitian yang telah dilakukan di STITEK Balik Diwa yaitu terkait marine debris (sampah laut) dan pemanfaatan sumber daya perikanan untuk kesejahteraan masyarakat. Kegiatan yang meliputi topik tersebut yaitu Aksi Bersih Pesisir dan Pelatihan Pembuatan Pangan Olahan Ikan.

Sedari pagi dosen dan mahasiswa STITEK Balik Diwa melakukan Aksi Bersih Pesisir di lokasi PPI Tanah Jaya dengan menyisir pelabuhan tersebut sembari mengangkat sampah yang berserakan. Kurangnya fasilitas tempat pembuangan sampah menyebabkan masyarakat langsung membuang sampahnya begitu saja tanpa memikirkan bahwa sampah tersebut dapat tertiup angin dan mengapung di laut.

Foto 1. Aksi bersih pesisir di PPI Tanah Jaya Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba melalui program PKMT STITEK Balik Diwa (dokumentasi pribadi)

“Melalui kegiatan ini kami mengharapkan timbul kesadaran masyarakat untuk memelihara lingkungan pesisir, terlebih kebanyakan sampah yang diperoleh yaitu sampah plastik yang apabila sampai di lautan tidak hanya merusak estetika namun juga membahayakan biota laut”, kata Fatma,S.Kel.,M.Si yang sehari-hari aktif sebagai pengajar di program studi Ilmu Kelautan STITEK Balik Diwa.

Menjelang siang kegiatan PKMT dilanjutkan dengan melakukan pelatihan pembuatan bakso ikan sehat. Sumber daya ikan yang melimpah di Kelurahan Tanah Jaya merupakan peluang bisnis, terutama bisnis pangan olahan ikan, yang dapat dikelola oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

“Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga, untuk mengelola pangan olahan ikan yang banyak terdapat di sini sehingga dapat menjadi sumber penghasilan untuk menopang kebutuhan keluarga”, ujar Ibu Ir. Hj. Ariyanti Susilowati di sela-sela pemaparan materi dan praktek pembuatan bakso sehat berbahan dasar ikan cakalang.

Foto 2. Kegiatan pemberian materi dan praktek pembuatan bakso sehat berbahan dasar ikan pada ibu-ibu di Kelurahan Tanah Jaya, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba

“Kehadiran dosen dan mahasiswa melalui kegiatan ini sangat nyata dalam memberi manfaat kepada masyarakat, semoga nanti bisa berkunjung kembali”, ujar H. Baharuddin seorang tokoh masyarakat Tanah Jaya.

Prof.Dr.H. Muh. Akmal Ibrahim,M.Si selaku Ketua STITEK Balik Diwa ketika diminta tanggapannya terkait kegiatan PKMT berujar, “Kegiatan PKMT yang dilaksanakan oleh dosen diharapkan dapat terlaksana secara terjadwal dan memberi efek nyata terhadap masyarakat dengan pertimbangan bahwa kegiatan pengabdian merupakan hilirisasi dari penelitian yang telah dilakukan serta mampu memperluas jaringan kerjasama STITEK Balik Diwa”.

PKMT STITEK Balik Diwa berakhir pada Pukul 13.00 WITA dan rombongan langsung berangkat menuju Makassar dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 7 jam.(/rjn)

Leave a comment