SOSIALISASI DAN COACHING CLINIC

PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STITEK Balik Diwa Makassar melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Coaching Clinic Penyusunan Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Hibah Kemenristekdikti. Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Juli 2019 dan kegiatan Coaching Clinic pada hari Rabu, 14 Agustus 2019. Sasaran utama dari kegiatan ini ialah meningkatnya kuantitas dan kualitas usulan proposal sehingga dapat berdampak pada meningkatnya publikasi ilmiah dari dosen STITEK Balik Diwa Makassar.

Kegiatan sosialisasi bertempat di Ruang Coral, Lt.3 STITEK Balik Diwa Makassar. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyampaikan skema, ketentuan, syarat, struktur biaya dan proposal serta mekanisme pengusulan proposal kepada Kemenristekdikti untuk tahun pendanaan 2020 – 2022. Sosialisasi diikuti oleh sekitar 15 dosen baik dosen baru maupun dosen yang telah berpengalaman di bidang penelitian dan pengabdian. Materi sosialisasi dibawakan langsung oleh Rahmat J. Noor,S.Si.,M.Si selaku Kepala Pusat P2M. Pada kesempatan tersebut Kepala P2M menjelaskan sasaran atau outcome yang ingin dihasilkan, “Sasaran utama dari kegiatan ini ialah meningkatnya pemahaman dosen terkait skema hibah Kemenristekdikti untuk tahun pendanaan 2020 – 2022 sehingga setiap proposal dapat dibuat sesuai dengan skema yang diinginkan”.

Coaching Clinic teknik penyusunan proposal dilakukan pada hari Rabu, 14 Agustus 2019 bertempat di R. Mollusca dengan pembawa materi pertama yaitu bapak Prof.Dr.Ir.Jamaluddin Jompa,M.Sc. Materi pertama terbagi atas dua sesi yaitu pemaparan materi dan sesi review proposal. Dalam kesempatan tersebut narasumber menjelaskan bagian-bagian prioritas yang perlu diperhatikan secara detail bagi pengusul.

Pemateri kedua yaitu bapak Dr. Wayan Kantun, M.P. membawakan materi penguatan luaran. Luaran penelitian dan pengabdian merupakan objek utama dari pelaksanaan hibah Kemenristekdikti sehingga diharapkan dosen pengusul, apabila terpilih, dapat menepati janji luarannya atau bahkan melebihi agar dapat memberi nilai plus.

Kegiatan Sosialisasi dan Coaching Clinic dihadiri pula oleh stakeholder dalam ruang lingkup STITEK Balik Diwa. “Harapannya  semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas proposal yang diusulkan oleh dosen STITEK”, ujar Ketua STITEK Balik Diwa di awal rangkaian kegiatan sosialisasi dan coaching clinic.(/rjn)

Leave a comment