P2M STITEK BALIK DIWA MAKASSAR MELAKUKAN MONEV INTERNAL BAGI PELAKSANA PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Menindaklanjuti surat edaran Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti Nomor B/825/E3.3/RA.03/2019 mengenai Pemberitahuan Persiapan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penugasan Program Pengabdian Kepada Masyarakat maka P2M STITEK Balik Diwa melakukan Monev Internal untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dipercayakan oleh DRPM Kemenristekdikti.

Kegiatan Monev Internal dilangsungkan pada hari Jumat/13 September 2019 pada Pukul 14.00 WITA di Ruang Coral STITEK Balik Diwa Makassar. ”Peserta Monev Internal ialah dosen pelaksana program pengabdian dimana di sekolah kita ini terdapat 3 dosen pelaksana dengan skim yang berbeda-beda yaitu bapak Heriansah (KKN-PPM), Nursyahran (PKM), dan ibu Buana Basir (PPW). Semoga melalui kegiatan ini rekan-rekan dosen dapat lebih siap menghadapi Monev eksternal”, demikian penyampaian Ketua P2M STITEK Balik Diwa Makassar ketika membuka kegiatan tersebut.

Adapun reviewer pada kegiatan Monev kali ini yaitu bapak Prof.Dr.Ir. Najamuddin,M.Sc, yang merupakan reviewer bersertifikat dan dalam kesehariannya merupakan dosen di Universitas Hasanuddin dalam bidang Ilmu Perikanan. Pada kesempatan tersebut reviewer mengingatkan, ”dalam program pengadian kepada masyarakat maka yang menjadi fokus ialah ada atau tidaknya peningkatan kuantitas dan kualitas produk serta aspek manajemen mitra”.

Tampil pada kesempatan pertama yaitu bapak Heriansah,M.Si sebagai pelaksana kegiatan KKN-PPM berjudul KKN-PPM Masyarakat Lingkar Pulau Wisata Cambang-Cambang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang bertujuan untuk menerapkan IPTEK melalui proses pembelajaran kepada mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan KKN-PPM terdiri atas pemasangan fish apartment, penggunaan Integrated Marine Trophic Aquaculture (IMTA), pengolahan limbah plastik menjadi pavingblock, pelatihan diversifikasi pangan berbahan dasar gonad landak laut, dan pemasangan papan informasi untuk wisatawan di Pulau Cambang-Cambang.

Pengabdi kedua yang tampil yaitu bapak Nursyahran, M.Si sebagai pelaksana kegiatan PKM berjudul PKM Kelompok Pembudidaya Ikan Air Tawar dengan Pakan Ikan Mandiri di Desa Palakka Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan dengan mitra kelompok masyarakat pembudidaya Sipakalebbi. Kegiatan PKM meliputi pengadaan alat pembuat pakan dan pelatihan membuat pakan ikan mandiri berbahan baku lokal.

Ibu Buana Basir,M.Si tampil sebagai presenter ketiga dengan kegiatan PPW berjudul Pengembangan Kewirausahaan Berkelanjutan dan Terpadu di Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan Balik Diwa yang bertujuan untuk membina mahasiswa dan alumni menjadi wirausahawan baru dengan bidang usaha yang unik dan mencirikan identitas kampus STITEK Balik Diwa Makassar. Pada kesempatan tersebut hadir pula para mahasiswa dan alumni yang telah dibina melalui program PPW dengan membawa berbagai produk. Contoh produk yang dibina pada program tersebut ialah keripik rumput laut, ikan hias hasil aklimatisasi, body lotion berbahan dasar spirulina, dan komoditi hasil aquaponic. Kegiatan PPW melalui beberapa tahapan yaitu seleksi calon wirausaha, bimtek 1 (motivasi berwirausaha), dan bimtek 2 (keterampilan dalam berwirausaha). Selain melalui peningkatan pengetahuan, pelaksana juga melakukan pengadaan barang sesuai kebutuhan tenant sehingga wirausaha yang didampingi dapat menjadi wirausaha mandiri ketika selesai mengikuti program yang telah disusun.

Melalui hibah program PKM dari DRPM Kemenristekdikti diharapkan dapat memicu hilirisasi hasil penelitian yang telah dilakukan oleh dosen sehingga tri dharma perguruan tinggi dapat diterapkan sebagai motor penggerak dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. (/rjn)

Leave a comment