Optimalisasi Pengelolaan Perikanan Cakalang (Katsuwonus pelamis) dalam Meningkatkan Produktifitas Nelayan Untuk Mendukung Kemandirian Pangan di WPP RI 713

Perikanan tangkap saat ini telah berkembang sangat cepat, mulai dari penggunaan teknologi pendugaan gerombolan ikan, alat tangkap yang dilengkapi dengan alat bantu penangkapan yang tidak perlu menggunakan tenaga manusia. Namun demikian, tidak semua masyarakat khususnya masyarakat pedalaman dan tradisional memiliki kemampuan untuk membeli semua peralatan modern dengan teknologi yang canggih. Oleh sebab itu, kebanyakan nelayan masih menggunakan alat-alat tangkap yang diwariskan oleh nenek moyangnya meskipun dengan bantuan kapal bermesin. Alat tangkap yang dipergunakan seperti pancing tonda dan pancing ulur meskipun sudah dimodifikasi namun masih belum efektif dan produkstif.

Buku mini ini menawarkan solusi dengan melakukan rekayasa umpan dan metode penangkapan secara sederhana yang mudah dilakukan oleh nelayan dengan harga terjangkau, ramah lingkungan, mudah dioperasikan, tidak menimbulkan konflik sehingga akan dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas nelayan. Semoga buku teknologi tepat guna rekayasa umpan dan metode penangkapan ini dapat berguna bagi para nelayan dalam meningkatkan pendapatan.

                                                                                     Makassar,      September 2019

 

                                                                                         Dr. Wayan Kantun,M.

                                                                                        Penulis

 

Leave a comment