MAHASISWA STITEK BALIK DIWA BERPARTISIPASI DALAM MONITORING EKOSISTEM TERUMBU KARANG DAN LAMUN BKKPN KUPANG WILKER DI TWP KAPOPOSANG

Kementerian Kelautan Perikanan melalui BKKPN Kupang Wilker TWP Kapoposang melakukan kegiatan monitoring biofisik di beberapa stasiun dalam wilayah perairan kawasan TWP. Kapoposang dari tanggal 18 sampai 20 September 2019. Salah satu peserta kegiatan tersebut ialah Ulfiah Sari, yang merupakan mahasiswa program studi Ilmu Kelautan STITEK Balik Diwa Makassar.

“Kehadiran saya disini merupakan bagian dari Praktek Kerja Lapangan sehingga sedapat mungkin memperoleh ilmu baik secara teori maupun praktek melalui kegiatan BKKPN Kupang”, ujar Ulfiah.

Kegiatan monitoring dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini ekosistem terumbu karang dan ekosistem lamun di TWP. Kapoposang. Pengamatan ekosistem terumbu karang dan lamun dilakukan di 13 stasiun pengamatan.

Monitoring data ekosistem terumbu karang  meliputi substrat dasar perairan, kelimpahan dan biomassa ikan karang, dan kelimpahan megabenthos. Metode pengambilan data terumbu karang menggunakan Underwater Photo Transect (UPT), sensus visual untuk mengetahui keberadaan ikan karang target dan ikan karang indikator, dan metode transek sabuk untuk mengidentifikasi megabenthos di area yang dipantau.

Monitoring ekosistem lamun dilakukan pada 13 stasiun  untuk mengetahui  persentase tutupan lamun dan dominansi. Metode pengambilan data untuk tutupan lamun dan dominansi menggunakan metode Sea Grass Watch yang dikeluarkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Monitoring padang lamun merupakan hal baru bagi saya sehingga saya sangat senang ketika diajak belajar oleh SATKER TWP Kapoposang-BKKPN Kupang. Melakukan monitoring ekosistem lamun bagi saya adalah suatu hal sangat menarik, baik terkait sikap untuk membangun kerjasama maupun pengalaman untuk mengetahui data luasan dan tutupan, terlebih terdapat beberapa spesies lamun yang belum pernah saya temui”, ujar Ulfiah.

KKP melalui BKKPN Kupang berharap melalui kegiatan monitoring dapat menjadi bahan evaluasi untuk mengukur sejauh mana kemajuan dari kegiatan konservasi yang telah dilakukan. (/rjn)

Disadur dari :

https://kkp.go.id/djprl/bkkpnkupang/artikel/14029-mengetahui-kondisi-biofisik-sekitar-kawasan-twp-kapopsang-kkp-laksanakan-monitoring

Leave a comment