Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar resmi berdiri dan beroperasi setelah diterbitkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kenudayaan Republik Indonesia Nomor 70/D/O/2001 tanggal 05 Juli 2001, tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-program Studi dan Pendirian Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) di Makassar yang diselenggarakan oleh yayasan Balik Diwa Makassar.

STITEK Balik Diwa untuk pertama kali berkampus di Jl. Taman Makam Pahlawan No. 1-3 Makassar (2001-2003) dengan status sewa, kemudian pada tahun 2004, STITEK Balik Diwa berhasil memiliki Kampus Baru (milik sendiri) dengan alamat Jl. Perintis Kemerdekaan VIII No. 8 Tamalanrea Makassar.

STITEK Balik Diwa STITEK Balik Diwa ini didirikan dengan 4 (empat) Peogram Studi, antara lain: 1) Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) 2) Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI) 3) Program Studi Akuakultur (AKL) dan 4) Program Studi Ilmu Kelautan (IK), yang kesemuanya berstrata sarjana (S-1).

Yayasan Pendidikan Balik Diwa Makassar dalam mengemban amanah untuk memajukan mensukseskan pendidikan Kelautan dan Perikananan melalui Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar, dalam perjalanannya STITEK Balik Diwa Makassar telah mengalami beberapa pergantian pimpinan berdasarkan periode masing-masing sebagai berikut: